Image Posted on

 

Pada umumnya umat Kristiani ingin mengetahui tentang kepribadian Tuhan yangdikenal dengan istilah Tritunggal, yakni Tuhan yang beroknum tiga, tetapi disebut esa atau satu (Ulangan 6:4). Alkitab membuktikan adanya tiga oknum ketuhanan, tetapi satu dalam sifat, tabiat, maksud dan rencana-Nya (Kejadian 1:26; 11:7).

Buku Doktrin Tentang Allah ini menyajikan bukti-bukti tentang ketritunggalan Allah, bukti-bukti tentang ketuhanan Yesus dan bukti-bukti tentang ketuhanan Roh Kudus dan tugas-Nya. Karena adanya Dewan Musyawarah Tuhan (Yeremia 23:18,22) merupakan satu bukti otentik tentang oknum ketuhanan yang lebih dari satu, maka Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru mengungkapkan bahwa Dewan Musyawarah Tuhan itulah yang merencanakan penciptaan seluruh alam semesta (Kejadian 1:1, 26; Kel 20:11) dan yang merencanakan penebusan umat manusia berdosa melalui Firman (Yesus), oknum kedua dari ketuhanan sebagai Mandataris atau Pelaksana-Nya (Ibrani 1:2b; 1Petrus 1:20).

Berbagai nama dan jabatan Tuhan pun diuraikan, yang merupakan jaminan bagi umat percaya tentang pe,eliharaan, perlindungan, pimpinan, tuntunan dan penyelamatan-Nya. Berbaga sifat Tuhan, seperti kemahatahuan, kemahakuasaan dn ketidak berubahan-Nya pun diuraikan dengan maksud menunjukkan perbedaan-Nya sebagai Pencipta dari manusia sebagai mahluk ciptaan-Nya. Perbedaan kasih setia Tuhan dari kasih karunian-Nya pun diadakan untuk melihat betapa besar kasih dan kemurahan Tuhan itu dilukiskan melalui pemeliharaan seluruh makhluk ciptaan-Nya dan penebusan umat manusia berdosa dengan pengorbanan Yesus melalui penjelmaan dan kematian-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s