Tafsir Abu al-Su’ud

Image Posted on Updated on

Tentang Penulis

Ia adalah al-Imam Abu al-Su’ud Muhammad ibn Muhammad ibn Mushthafa al-Imadi al-Hanafi, lahir tahun 893 H di sebuah desa dekat Konstantin. Ia tumbuh di lingkungan keluarga yang dikenal dengan keilmuan dan keutamannya. Ia membaca banyak karya ilmiah di hadapan ayahnya dan berguru kepada sejumlah ulama` pada masanya, sehingga bersinar matahari pengetahuan. Ia mulai mengajar, kemudian memegang peradilan agama di Turki dan lainnya. Setelah itu ia memegang posisi memberikan fatwa selama tiga puluh tahun. Di dalam memberikan fatwa, ia menggunakan gaya bahasa, baik prosa maupun puisi, dengan bahasa Arab dan lain-lain, yang menunjukkan kemampuannya.

Kesibukannya mengajar dan memberi fatwa menyita waktunya untuk menulis. Namun demikian, ia masih mampu memberikan sejumlah hasyiyah atas tafsir al-Kasysyaf, di samping menulis tafsir yang berjudul Irsyad al-‘Aql al-Salim Ila Mazaya al-Kitab al-Karim.

Imam Abu al-Su’ud termasuk ahli adab dan balaghah. Banyak kalimat prosa yang diriwayatkan darinya yang menunjukkan ketinggiannya di bidang tersebut. Ia wafat di kota Konstantin tahun 982 H

Tentang Kitab Tafsirnya

Tafsir Abu al-Su’ud dianggap sebagai tafsir yang paling indah bahasanya, redaksinya, polanya, bayannya, ilmu dan pemikirannya. Penulisnya menulisnya di sela-sela waktunya mengajar, memberikan keputusan hukum dan fatwa. Karena itu, penulisannya memakan waktu yang cukup panjang sehingga ia keluar di tengah-tengah umat manusia sebagai tanda keindahan, kecermaan dan ketinggian bayan. Kita dapat meringkaskan metodenya sebagai berikut:

1- Ia menempuh metode Ahli Sunnah wal Jama’ah, memperhatikan aspek-aspek balaghah, menyingkap rahasia-rahasia kemukjizatan al-Qur`an dan menyebutkan wajah-wajah I’rab disertai dengan pelihan yang terkuat.

2- Memberikan perhatian kepada hubungan antar ayat, di samping menyebutkan qira`ah-qira`ah sesuai dengan kebutuhan.

3- Memeparkan sejumlah masalah fiqih, tidak menyelami masalah-masalah khilafiyah, tidak menuturkan dalil-dalilnya, dan terhindar dari berpanjang kata disertai dengan keutuhan rasa dan kecermatan bahasa.

4- Sayangnya kitab ini menyebutkan sejumlah Isra`iliyyat tanpa memberikan komentar, meskipun telah memberikan isyarat akan kedla’ifannya, di samping meriwayatkan sejumlah kisah melalui al-Kalbi dari Abi Saleh. Al-Kalbi adalah periwayat yang tertuduh dusta, sebagaimana telah dijelaskan di muka.

5- Tercatat bahwa ia menutup setiap surat dengan menuturkan hadis yang menunjukkan keutamannya dan keutamaan membacanya seperti yang dilakukan al-Kasysyaf dan al-Baidlawi. Sudah beberapa kali disebutkan bahwa hadis-hadis itu adalah maudlu’, sesuai dengan kesepakatan ulama.

Namun kritik-kritik ini tidak mengurangi nilai karya besar ini atau mengurangi kualitasnya. Sebab sedikit sekali tafsir yang bebas dari kritikan. Pendeknya tafsir Abu al-Su’ud termasuk tafsir pilihan. Bahkan banyak ulama memberikan kesaksian bahwa ia adalah kitab tafsir terbaik yang pernah ditulis. Sebagian ulama mengatakan bahwa setelah al-Kasysyaf dan al-Baidlawi tidak ditemukan kitab tafsir yang lebih baik dari Tafsir Abu al-Su’ud.

Imam Abu al-Su’ud memang telah membaca al-Kasysyaf dan al-Baidlawi dan banyak memuji kedua kitab tersebut di bagian awal kitabnya. Ia banyak mengambil dari kedua kitab tersebut dan menambahkan apa yang Allah telah bukakan baginya. Sebagaimana yang lainnya, ia telah menjauhi unsur-unsur kemu’tazilahan al-Zamakhsyari dan tidak menyebutkannya kecuali sekadar mengingatkan akan kekeliruan dan menyanggahnya.

Tafsir Abu al-Su’ud telah dicetak dan diterbitkan di berbagai kawasan dan diterima secara luas karena keindahan redaksinya, kecermatan polanya, keindahan bahasanya dan keagungan isinya, sehingga dapat menyingkap sebagian sisi kemukjizatan dan sisi balaghah al-Qur`an al-Karim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s